Jumat, 13 April 2012

Strategi Pembelajaran Tarkib (sharf)

Tarkib adalah aturan-aturan yang mengatur penggunaan bahasa arab yang digunakan sebagai media untuk memahami kalimat. Adapun sharf membicarakan perubahan bentuk suatu kata kerja dari bentuk masa lalu (past), masa sekarang dan masa yang akan datang (present), bentuk perintah, perubahan bentuk kata kerja ke kata benda turunan, dan juga perubahan bentuk kata kerja sesuai pelaku dari perbuatan tersebut. A. Model Pembelajaran Tarkib 1. Model qiyasi (deduktif) yaitu memulai dengan kaidah baru kemudian memberi contoh-contoh 2. Model istiqraiy (induktif) yaitu yang dimulai dengan contoh-contoh yang baru, kemudian siswa diminta untuk memberi kesimpilan kaidahnya 3. Model al-mu’dilah (an-Nash Al-Araby) yaitu metode pembelajaran nahwu menggunakan metode yang bersambung tidak terpisah B. Strategi Pembelajaran Tarakib 1. Strategi pembelajaran tarakib pada tingkat dasar (Mubtadi’) Menggunakan pendekatan kerja antara dua orang yang biasa disebut dengan the power of two. a. Siapkan kertas latihan, model yang digunakan dapat berupa bacaan yang didalamnya terdapat kata-kata yang ingin dipelajari b. Mintalah masing-masing siswa untuk mengerjakan kalimat tersebut c. Mintalah siswa untuk berkelempok dua-dua dan mendiskusikan hasil kerja masing-masing d. Mintala pada masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil kerja mereka. e. Berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan f. Berikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut agar tidak terjadi kesalahan 2. Strtegi pembelajaran tarakib pada tingkat menengah (Mutawassit) Pada tingkat menengah ini dapat menggunakan small group presentation, strategi ini dapat digunakan untuk mengerjakan kowaid. 1. Siapkan kertas yang berisi potongan(potongan kata) 2. Bagilah siswa pada kelompok-kelompok kecil (2-3 orang) 3. Mintalah masing-masing kelompok untuk menuliskan kalimat yang disusun dari kata-kata tersebut 4. Mintalah masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasilnya di depan kelas 5. Berikan kesempatan pada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan 6. Berikan klarifikasi terhadap kerja kelompok tesebut dengan memberikan tambahan penjelasan tentang struktur kalimat yang telah mereka pelajari. C. Strategi pembelajaran tarakib pada tingkat lanjut (Mutaqaddim) Strategi pembelajaran tarakib pada tingkat lanjut dapat menggunakan strategi yang disebut dengan chart short. 1. Siapkan kertas yang telah dituliskan dengan kalimat dengan struktur yang berbeda-beda 2. Bagikan kartu tersebut kepada para siswa secara acak 3. Mintalah masing-masing siswa berkelompok sesuai dengan kategori kalimat yang ada dalam kartu masing-masing 4. Mintalah masing-masing siswa kelompok menuliskan kalimat-kalimat yang serupa tersebut dalam kertas maupun dalam bentuk file 5. Mintalah masing-masing kelompok menyampaikan hasilnya (presentasi) di depan kelas 6. Berikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan 7. Berikan klarifikasi secara menyeluruh dari hasil kerja kelompok tersebut

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar