Senin, 13 Agustus 2012

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN A. Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran dalam mengajar maharoh Kalam I. Persiapan-persiapan sebelum mengajar a. Guru mempersiapkan i’dad (materi) dan menguasai materi yang akan diajarkan b. Guru mempesiapkan media pembelajaran, yang sudah di buat II. waktu penggunaan media 1. Scenario pengajaran awal (Pembukaan) a. Guru memasuki kelas b. Mengucapkan salam c. Guru meletakkan buku / media di atas meja d. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai e. Guru menanyakan keadaan siswa f. Guru mengecek kehadiran siswa g. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mata pelajaran yang akan diajarkan h. Guru menjelaskan tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan 2. Scenario Pengajaran Inti a. Guru memulai pelajaran dengan menunjukkan media yang telah disiapkan b. Guru memulai memberikan penjelasan tentang gambar/miniatur alhadrowat yang ada didepan kelas c. Guru mengulangi hingga tiga kali agar murid paham dengan miniatur alhadrowat yang diajarkan d. Guru meluangkan waktu untuk murid-murid bertanya kepada guru tentang miniatur Alhadroat. e. Setelah guru menunggu beberapa menit untuk menunggu pertanyaan dari siswa lalu selanjutnya guru menyuruh siswa untuk bercakap-cakap tentang miniatur tersebut berpasangan maju ke depan kelas f. Untuk memastikan siswa faham dengan pelajaran yang diajarkan maka guru memberi pertanyaan kepada siswa 3. Scenario Penutup a. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa b. Guru mengucapkan permintaan maaf kepada siswa jika ada kesalahan selama mengajar c. Guru menganjurkan agar murit langsung menggunakan mufradat yang baru di ajarkan guru dalam keseharian d. Guru membacakan doa sesudah belajar dan doa kafarotul majlis e. Guru mengucapkan salam III. sesudah penggunaan media a. lipat kembali media b. posisi gambar lipat ke belakang c. Masukan media ke dalam tas d. Media bisa di simpan di lemari مدرسة: لمن تلك الحديقة الطالب: تلك الحديقة لسيد أحمد مدرسة: هل في الحديقة خضروات؟ الطالب: نعم، في هذه الحديقة خضروات مدرسة: كم يوما يذهب سيد أحمد إلى الحديقة؟ الطالب: يذهب سيد أحمد إلى الحديقة كل يوم، يوم الإثنين، ويوم الثلاثاء، وحتى يوم السبت B. Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengajar Maharoh Qiraah 1. Persiapan-persiapan sebelum mengajar a. Guru berpakaian rapi b. Guru mempersiapkan menguasai materi yang akan diajarkan c. Guru mempesiapkan media pembelajaran 2. Scenario pengajaran awal (Pembukaan) a. Guru memasuki kelas b. Mengucapkan salam c. Guru meletakkan buku / media diatas meja d. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai e. Guru menanyakan keadaan siswa f. Guru mengecek kehadiran siswa g. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mata pelajaran yang akan diajarkan h. Guru menjelaskan tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan 3. Scenario Pengajaran Inti a. Guru memulai pelajaran dengan menunjukkan media yang telah disiapkan b. Guru memulai memberikan teks tentang gambar/miniatur alhadrowat yang ada didepan kelas c. Guru mengulangi hingga tiga kali agar murid paham dengan alhadrowat yang diajarkan d. Guru meluangkan waktu untuk murid-murid bertanya kepada guru tentang teks alhadrowat yang dajarkan e. Setelah guru menunggu beberapa menit untuk menunggu pertanyaan dari siswa lalu selanjutnya guru menyuruh siswa untuk membaca teks tersebut secara satu persatu didepan kelas f. Untuk memastikan siswa faham dengan pelajaran yang diajarkan maka guru memberi pertanyaan kepada siswa g. Setelah guru menilai bahwa siswa memahami pelajaran tersebut maka guru mencukupkan pelajarannya 4. Scenario Penutup a. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa b. Guru mengucapkan permintaan maaf kepada siswa jika ada kesalahan selama mengajar c. Guru membacakan doa sesudah belajar dan doa kafarotul majlis d. Guru mengucapkan salam e. Guru meninggalkan kelas Teks Untuk Qira’ah الحديقة لسيد أحمد حديقة، فيها خضروات كثيرة ومتنوّعة منها: الفلفل الحار وطماطم خردل و ذرة. الحديقة واسعة. يذهب سيد أحمد إلى الحديقة كل يوم، يوم الإثنين، ويوم الثلاثاء، وحتى يوم السبت. أمام الحديقة شارع كبير ونظيف. بجانب الحديقة بيت جميل، هذا البيت لسيد أحمد، ويسكن سيد أحمد وعائلته في هذا البيت السؤال 1 لمن تلك الحديقة؟ 2 هل للحديقة الخضروات؟ 3 أي الخضروات في الحديقة؟ 4 كم يوما سيد أحمد يذهب إلى الحديقة؟ 5 ماذ أمام الحديقة؟ C. Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengajar Maharoh Kitabah I. Persiapan-persiapan sebelum mengajar a. Guru mempersiapkan I’dad (materi) dan menguasai materi yang akan diajarkan b. Guru mempesiapkan media pembelajaran, yang sudah di buat c. Taruh media di depan dan tengah tengah. II. waktu penggunaan media 4. Scenario pengajaran awal (Pembukaan) a. Guru memasuki kelas b. Mengucapkan salam c. Guru meletakkan buku / media diatas meja d. Guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai e. Guru menanyakan keadaan siswa f. Guru mengecek kehadiran siswa g. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mata pelajaran yang akan diajarkan h. Guru menjelaskan tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan i. Guru member motifasi kepada siswa. j. Scenario Pengajaran Inti g. Guru memulai pelajaran dengan menunjukkan media yang telah disiapkan h. Guru memulai memberikan penjelasan tentang gambar/miniatur alhadrowat yang ada didepan kelas i. Guru mengulangi hingga tiga kali agar murid paham dengan miniatur alhadrowat yang diajarkan j. Guru meluangkan waktu untuk murid-murid bertanya kepada guru tentang miniatur Alhadroat. k. Setelah guru menunggu beberapa menit untuk menunggu pertanyaan dari siswa lalu selanjutnya guru menyuruh siswa untuk mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang miniatur tersebut maju ke depan kelas l. Untuk memastikan siswa faham dengan pelajaran yang diajarkan maka guru memberi pertanyaan kepada siswa. 1) هل تحبّ حضروات؟ 2) ما لون فلفل؟ 3) ما لون ذرّة؟ 4) اين تشتري حضروات؟ 5) هل عندك هديقة الحضروات 6) k. Scenario Penutup f. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa g. Guru mengucapkan permintaan maaf kepada siswa jika ada kesalahan selama mengajar h. Guru menganjurkan agar murit langsung menggunakan mufradat yang baru di ajarkan guru dalam keseharian i. Guru membacakan doa sesudah belajar dan doa kafarotul majlis j. Guru mengucapkan salam III. Sesudah Penggunaan Media e. lipat kembali media f. posisi gambar lipat ke belakang g. Masukan media ke dalam tas h. Media bisa di simpan di lemari

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar